sxpriyan’s blog

Blog tentang apa saja

Uji Coba, Lewat Jembatan Suramadu Gratis

[ Rabu, 10 Juni 2009 ]

SURABAYA – Hari ini pukul 10.00, Jembatan Suramadu diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Setelah diresmikan, jembatan sepanjang 5,4 kilometer itu bisa dilalui pengendara tanpa dipungut biaya alias gratis.

Namun, penggratisan itu hanya berlaku pada masa uji coba. “Uji coba bisa dilakukan satu atau dua minggu, bahkan hingga satu bulan,” kata Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto kepada wartawan kemarin (9/6).

Selama masa uji coba, tingkat kenyamanan pengguna jalan, tingkat kerataan permukaan jembatan, dan fungsi rambu-rambu lalu lintas dievaluasi.

Djoko memastikan, selama uji coba, pengguna Suramadu tidak dipungut tarif alias gratis. Meski demikian, untuk menjaga ketertiban, para penyeberang Suramadu tetap diberi karcis di pintu tol. Karcis itu diberikan secara gratis.

Sebelumnya, Djoko berjanji mengumumkan besaran tarif tol Suramadu kemarin. Tapi, kemarin diputuskan untuk menunda pengumuman tersebut karena belum dilakukan uji coba kelayakan jembatan yang difungsikan sebagai jalan tol. Kata Djoko, uji coba merupakan proses finalisasi, jika tarif yang dikenakan memenuhi kajian berbagai aspek.

Menurut Djoko, penetapan tarif sudah dibicarakan dengan jajaran terkait. Di antaranya Departemen Perhubungan dan Jasa Marga selaku operator tol Suramadu selama 18 bulan pertama. Namun, penundaan itu mempertimbangkan kelangsungan hidup penyeberangan feri dari Ujung menuju Kamal. “Kami masih mengkaji kemungkinan pemindahan trayek feri ke daerah lain,” tutur Djoko kemarin.

Berapa tarif untuk melintasi jembatan terpanjang di Indonesia itu (bukan terpanjang di Asia Tenggara seperti diberitakan kemarin, Red)? Djoko hanya memberi patokan tarif tol tak lebih dari 60 persen tarif penyeberangan feri. “Kisarannya 40-60 persen dari tarif feri,” ungkap Djoko. Setelah diresmikan, pihaknya berupaya mengoptimalkan uji coba kelayakan.

Peresmian Undang Mantan Presiden

Persiapan matang sudah dilakukan untuk acara peresmian Jembatan Suramadu hari ini yang dijadwalkan pukul 10.00. Acara tersebut dilaksanakan di Desa Sekar Bungo, Nabeng, Bangkalan. Tepatnya di utara causeway sisi Madura.

Menurut rencana, Presiden SBY didampingi seluruh menteri Kabinet Indonesia Bersatu. Bahkan, panitia juga mengundang semua mantan presiden. Di antaranya B.J. Habibie, Abdurrahman Wahid, dan Megawati Soekarnoputri. “Mereka akan kita undang untuk hadir,” kata Sekdaprov Jatim Rasiyo Senin lalu (8/6), didampingi Kepala Biro Humas dan Protokoler Pemprov Jatim Gunarto.

Hanya, hingga kemarin, panitia belum mendapatkan kepastian soal kehadiran para mantan presiden tersebut.

Menurut Gunarto, peresmian Suramadu hari ini merupakan satu-satunya acara SBY di Jatim. “Setelah meresmikan Suramadu, presiden dijadwalkan kembali ke Jakarta sekitar pukul 12.30,” jelas Gunarto tadi malam.

Acara peresmian yang akan dihadiri 6.000 lebih undangan itu bakal diwarnai berbagai atraksi, antara lain, Tari Muang Sangkal untuk menyambut kedatangan rombongan SBY. Tarian tradisional dari Sumenep itu dibawakan oleh 15 penari wanita dari Madura dan Surabaya. Selain Tari Muang Sangkal, 20 penari akan menyambut kedatangan para tamu VVIP itu dengan tarian kontemporer bertajuk Pelangi Suramadu.

Selain itu, setelah acara peresmian, ketika SBY melintasi Suramadu, akan ada atraksi melintasnya 70 kapal di bawah jembatan. ”Begitu presiden selesai meresmikan jembatan, perahu dan kapal yang berada di alur barat Selat Madura akan melintas sehingga presiden bisa menyaksikan dari atas jembatan,” kata sebuah sumber yang ikut mempersiapkan acara tersebut.

Di antara 70 kapal dan perahu itu adalah perahu milik nelayan, kapal motor milik pelayaran rakyat, kapal cepat milik Basarnas, serta kapal patroli KPLP dan Pol Airud. Mereka akan beriring-iringan ke arah timur, melintas di bawah jembatan. SBY akan melihat dari atas jembatan, sementara awak kapal dan perahu akan memberikan penghormatan kepada presiden. (sep/ris/din/kum)

June 10, 2009 - Posted by | Berita

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: