sxpriyan’s blog

Blog tentang apa saja

Dollar Masih di Atas Rp 11.600

105055pJumat, 6 Februari 2009 | 10:02 WIB

JAKARTA, JUMAT — Rupiah pada Jumat (6/2) pagi cenderung stabil. Meski sempat menguat ketika pasar dibuka, rupiah kembali jatuh karena tekanan pasar masih cukup kuat. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS mencapai Rp 11.755/Rp 11.805 per dollar AS.

Direktur Retail Banking PT Bank Mega Tbk Kostaman Thayib di Jakarta, Jumat, mengatakan, pasar semula positif terhadap rupiah karena pelaku mencoba berspekulasi untuk melepas dollar AS di pasar.

“Hal ini terlihat ketika pasar dibuka, rupiah langsung menguat sebesar 25 basis poin menjadi Rp 11.735 per dollar, tetapi dalam perdagangan yang berlangsung 25 menit rupiah kembali terkoreksi,” katanya.

Rupiah, menurut dia, memang masih belum bisa bergerak naik karena negatif pasar masih tetap tinggi, apalagi setelah ada laporan bahwa pertumbuhan ekspor Indonesia merosot tajam.

“Faktor tersebut memberikan tekanan kepada pelaku pasar bahwa ekonomi Indonesia semakin memprihatinkan yang mendorong pelaku pasar lebih cenderung membeli dollar,” ujarnya.

Krisis ekonomi global, kata dia, merupakan faktor utama yang menekan pertumbuhan ekspor Indonesia merosot karena berkurangnya permintaan terhadap komoditas ekspor nasional dari pasar global, terutama negara Amerika Serikat dan Eropa. “Karena itu, pemerintah berusaha untuk mencari pasar baru di kawasan Eropa Tengah yang pertumbuhan ekonomi cukup tinggi,” katanya.

Ia mengatakan, pelaku pasar sebenarnya ingin melepas dollar AS untuk mencari untung setelah dua pekan lalu mata uang asing itu menguat hingga mendekati angka Rp 12.000 per dollar AS.

Namun, para analis memperkirakan, dollar AS akan mengalami kesulitan untuk bisa mencapai level Rp 12.000 per dollar AS karena Bank Indonesaia akan berusaha menahannya.

Bank Indonesia kemungkinan akan melakukan intervensi pasar untuk menjauhkan rupiah pada level tersebut dan kembali ke posisi Rp 11.000 per dollar AS. “Meski demikian, sepanjang semester I-2009 rupiah diperkirakan akan masih terpuruk dan mempunyai peluang besar untuk menuju ke arah Rp 12.000 per dollar AS,” tuturnya.
EDJ
Sumber : Ant

February 6, 2009 - Posted by | Berita

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: