sxpriyan’s blog

Blog tentang apa saja

SBY Tak Penuhi Syarat Dapat Gelar Dr HC

010957p1Kamis, 5 Februari 2009 | 21:06 WIB

BANDUNG, KAMIS — Usulan pemberian Doktor HC kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terus menuai protes dari alumni Institut Teknologi Bandung. Wimar Witoelar, salah satu alumni ITB, misalnya, mengatakan, ia sangat tidak setuju jika gelar HC diberikan kepada PresidenYudhoyono.

“ITB selama ini sangat selektif. SBY tidak memenuhi syarat,” ucapnya singkat. Namun, ia mempersilakan ITB jika tetap bersikeras memberikannya. “Kalau pimpinan (ITB) itu mau menyia-nyiakan kehormatannya, terserah saja,” ucapnya saat dihubungi di Bandung, Kamis (5/2) malam.

Sementara itu, Fadjroel Rachman mengatakan, akan lebih baik dan juga terlihat bijaksana apabila SBY menolak saja anugerah gelar kehormatan ini, sementara ITB menunda pemberiannya. “Kalau memang betul menghargai, berikanlah saat SBY tidak menjabat. Jika diberikan sekarang, itu patut dicurigai. Ini sangat tidak baik untuk keilmuan,” ucap mantan aktivis mahasiswa ITB ini.

Publik, ucapnya, patut curiga dengan pemberian Doktor HC kepada Presiden Yudhoyono dari ITB sebab tidak ada relevansi prestasi atau keilmuan yang dihasilkan Yudhoyono dengan ITB. “Saya melihatnya, ini cacat politik dan akademis. Kondisi akan berbeda jika yang dianugerahi itu seorang Habibie atau Onno W Purbo. Padahal, yang namanya gelar HC itu semestinya diberikan kepada orang-orang yang tepat, tidak perlu diragukan lagi,” ucapnya.

Rektor ITB Djoko Santoso mengatakan, pemberian anugerah doktor kehormatan kepada PresidenYudhoyono sengaja dilakukan bertepatan dengan Dies Emas (50 tahun) ITB dan 89 tahun pendidikan teknologi di Indonesia pada 2 Maret mendatang. Momentum ini sangatlah tepat dijadikan kesempatan untuk memberikan penghargaan kepada orang yang istimewa yang dianggap telah ikut memajukan teknologi.
JON

February 5, 2009 - Posted by | Berita

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: