sxpriyan’s blog

Blog tentang apa saja

Rusia Sudah Kita Pegang, Tinggal Implementasi!

Rabu, 10/12/2008 22:02 WIB
Wawancara Dubes RI Moskow

Eddi Santosa – detikFinance

hamidMoskow-Den Haag – Konstelasi dan tatanan dunia telah berubah. Indonesia dan Rusia, dua bangsa besar yang sempat melempem hubungannya di era Orde Baru, kini kembali merapat untuk memantikkan api kemesraan seperti dulu.

Delegasi RI dipimpin Dirjen Amerika Eropa Deplu Retno LP Marsudi sigap terbang ke Moskow untuk keperluan itu, duduk semeja dengan Delegasi Rusia salam sebuah Sidang Komisi Bersama. Tak terpemanai jika dua bangsa besar ini saling bekerjasama. Dari sisi ekonomi saja potensi raksasa kedua pihak sangat menjanjikan.

Pucuk dicita ulam tiba. Rusia ternyata menghendaki hal sama. Sidang SKB dua hari (8-9/12/2008) pun berlangsung hangat, mengalahkan dinginnya kota Moskow yang membeku di musim winter ini. Sayang sekali wakil dari perbankan Indonesia tidak hadir dalam SKB, padahal counterpart-nya dari Rusia antusias datang.

Ada 62 butir kesepakatan berhasil dicapai, semuanya bermuara pada kepentingan ekonomi. Lalu apa saja yang mesti terjadi pasca SKB? Berikut ini petikan wawancara M.A Surya untuk detikcom dengan Dubes RI di Moskow Hamid Awaluddin di ruang kerjanya, Rabu (10/12/2008) hari ini.

Sidang Komisi Bersama (SKB) RI-Rusia berakhir sudah. Catatan penting apa yang Anda peroleh dari SKB tersebut?

Saya sering sampaikan bahwa SKB adalah kran yang mengalirkan masalah yang tersumbat dan tidak lancar. Dari SKB ke-5 di Moskow ini saya melihat banyak kegiatan memiliki prospek bagus bagi hubungan bilateral RI-Rusia dalam setahun ke depan. Kita punya modal bergerak maju, tidak stagnan.

Sumbatan-sumbatan apa saja itu dan apakah berhasil diatasi dalam SKB kemarin?

Banyak, antara lain dalam perdagangan, pariwisata dan transportasi. Semua itu merupakan mata rantai yang saling mengait. Dengan target penerbangan langsung dari Rusia ke Indonesia tahun depan misalnya, maka arus wisatawan jadi lancar. Kita bisa berharap tahun depan wisatawan Rusia ke Indonesia lebih dari seratus ribu. Sementara itu, perdagangan yang telah mencapai target US$1 miliar juga bisa ditingkatkan melalui kerjasama erat kedua Kadin dan Business Council yang segera berdiri. Saya kira, Rusia juga bisa lebih banyak membeli produk kita dan menanamkan modalnya di masa datang. Ingat, penerbangan langsung bukan hanya membawa penumpang, tapi juga kargo.

Apa kesepakatan yang paling signifikan?

Kerjasama kebudayaan dalam bentuk peringatan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Disepakati akan dilaksanakan peringatan besar-besaran dalam bentuk pameran kebudayaan, baik di kota-kota besar di Indonesia maupun Rusia. Ini sangat penting dalam rangka peningkatan pemahaman kedua masyarakat, people-to-people contact. Dampak dari kegiatan semacam ini akan bersifat multifacet dan pasti menguntungkan kedua bangsa.

Dalam tataran praktis, kedua negara sepakat memperkuat kerjasama di bidang perbankan dan pariwisata. Saat ini Alfa Bank Rusia telah bermitra dengan Bank Mandiri. Memang agak disayangkan, wakil dari perbankan Indonesia tidak hadir dalam SKB kemarin padahal counterpart-nya dari Rusia antusias datang.”

Apakah Anda yakin turis Rusia pasti akan membeludak di tahun depan?

Theoretically yes, asal semua pihak konsisten. Kan disebutkan dalam protokol bahwa akan ada joint promotion on tourism, pelatihan bahasa Rusia bagi para pemandu wisata Indonesia, hingga kunjungan media Rusia ke tempat-tempat wisata di Nusantara. Bahkan Pemerintah Rusia juga akan mendorong masyarakatnya untuk berkunjung di 10 tujuan wisata di luar Bali. Jadi, no wonder. Untuk itu, di awal tahun depan, KBRI dan Depbudpar telah sepakat untuk mengundang dan menfasilitasi tour operator Rusia ke Indonesia terlebih dahulu.

Bagaimana dengan arus investasi Rusia ke Indonesia?

Kerjasama investasi terus kita dorong dari waktu ke waktu tanpa mengenal lelah. Jujur saja, investasi adalah kegiatan yang sering dinilai berisiko dan untungnya lama. Saya mendesak Rusia agar segera mengimplemntasikan rencananya untuk investasi di bidang teknologi, energi, minyak dan gas, komunikasi hingga perkebunan. Saya juga rutin mengadakan pertemuan dengan pebisnis Rusia dan pebisnis Indonesia saat saya pulang. Kita tidak bisa duduk manis mengharapkan investasi akan datang. Just do it.

Adakah kendala-kendala dari berbagai kesepakatan yang telah dicapai?

Ada di dalam diri kita sendiri. Adakah kesadaran untuk melaksanakan ataukan cukup puas berhenti pada kertas yang tak bermakna? Kita sering pandai membuat rencana tapi lemah di implementasi. Sehabis pulang sidang tidak disentuh lagi. Nah kalau seperti ini yang terjadi pastilah tahun depan SKB di Indonesia menjadi kurang makna. Saya harus bilang bahwa setelah SKB, baik Indonesia maupun Rusia harus mengubah bahasanya dan menggunakan bahasa yang sama, yakni bahasa Implementasi. Achievement adalah implementasi, bukan sekedar pembuatan program.

Lalu pihak Anda sendiri, apa yang akan dilakukan KBRI Moskow seusai SKB ini?

Kita akan pelototi lagi 62 butir kesepakatan itu. Lalu kita dorong melalui berbagai mekanisme yang kita miliki, agar apa yang sudah disetujui dapat terimplementasi secara maksimal. Lebih dari itu, bila ada masalah di tengah jalan, saya di Moskow dan Dubes Ivanov di Jakarta akan menjadi tempat untuk mengadu dan menyelesaikan persoalan. Kami di KBRI tidak sekedar duduk di kursi dan berleha-leha, tapi senantiasa terbirit-birit ke berbagai perusahaan, investor potensial dan para calon buyers.

Natal dan Tahun Baru menjelang. Betah di sini? Tidak homesick, rindu Jakarta?

Saya ikut mengucapkan Selamat Natal 2008 dan Tahun Baru 2008. Semoga semangat kita untuk maju terus berkobar dari waktu ke waktu.
(es/es)

December 10, 2008 - Posted by | Berita

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: