sxpriyan’s blog

Blog tentang apa saja

Layanan Katering di Arafah Lancar

Minggu, 07/12/2008 14:36 WIB
Laporan dari Arab Saudi
Muhammad Nur Hayid – detikNews

Makkah – Kekhawatiran terhadap masalah transportasi dan katering selama prosesi wukuf di Arafah tidak terbukti. Semua jamaah haji Indonesia yang tahun ini menempati pemondokan jauh dari Masjidil Haram berhasil diangkut ke Arafah dengan lancar. Layanan makan prasmanan yang sudah dilakukan sejak Sabtu malam juga berjalan lancar hingga Minggu pagi.

Pantauan wartawan detikcom Muhammad Nur Hayid dari Arafah, Makkah, hampir semua jamaah haji Indonesia yang dikumpulkan dalam 71 maktab mengaku tidak ada masalah dengan layanan katering. Hanya ada beberapa maktab yang mengalami antrean panjang akibat tidak tertibnya jamaah karena pimpinan kloter tidak mengatur dengan baik.

“Alhamdulillah layanan makanan di Arafah ini lancar dari semalam sampai tadi pagi. Rasanya juga cukup enak, sesuai denga rasa Indonesia,” kata jamaah haji asal Bekasi yang menempati Maktab 44, Maman, pada detikcom, Minggu (7/12/2008).

Hal yang sama juga disampaikan oleh jamaah haji asal DKI jakarta yang menempati Maktab 3, Mashuri. Menurut dia, layanan makanan prasmanan selama di Arafah sudah cukup memuaskan. Karena itu, ia berharap keberhasilan ini dapat terus terjaga selama proses Armina (Arafah-Mina) dan setelah selesai ibadah haji.

“Alhamdulillah, untuk layanan katering di sini tidak ada masalah. Semua bisa makan. Lancar. Semoga suasana seperti ini terus terjaga sampai kita meninggalkan tanah air,” kata Mashuri.

Sementara itu, jamaah haji asal Medan yang tergabung dalam Maktab 33, Mubin Sarbini mengusulkan agar Maktab 33 menambah tempat layanan katering dari satu tempat menjadi dua tempat. Hal ini sangat penting untuk menghindari antrean panjang seperti yang dialami di Maktab 33.

“Seharusnya untuk satu kloter, jangan ada satu tempat saja layanan makannya. Bisa 2 atau 3 tempat, agar tidak terlalu antre,” kata Sarbini. Meski antre, Sarbini mengaku semua jamaah kebagian makanan yang disediakan oleh pihak katering.

Untuk diketahui, layanan katering selama di Arafah akan diberikan sebanyak 4 kali, yakni malam tanggal 8 Dzulhijjah dan 3 kali pada tanggal 9 Dzulhijah. Makanan jamaah sudah dibuka sejak pukul 06.00 untuk pagi hari, pukul 12.00 untuk siang hari dan pukul 16.00 untuk sore hari. Seusai magrib, jamaah sudah harus meningggalkan Arafah menuju Muzdalifah.

Sementara itu, terkait jamaah haji Indonesia yang masuk Arafah, Ketua PPIH Arab Saudi Nursamad Kamba melaporkan bahwa pada pukul 02.00 WAS semua jamaah haji Indonesia sudah ditempatkan di tenda-tenda yang dipersiapkan. “Sekitar jam 2-an, semua jamaah kita sudah masuk ke Arafah. Semua sudah ditempatkan di tendanya masing-masing,” kata Nursamad.

Terkait masalah antrean makanan, Nursamad menilai hal itu akibat kegagalan ketua kloter mengatur cara mengambil makanan yang sudah disepakati. “Kita sudah sosialisasi, harusnya mengambilnya berurutan antara rambongan satu dan seterusnya. Saat satu rombongan mengambil, yang lain jangan antre, menunggu saja di tenda. Itu harusnya. Kalau masih ada yang antre, berarti ketua kloternya tidak jalan,” terang dia. (yid/asy)

December 7, 2008 - Posted by | Berita

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: