sxpriyan’s blog

Blog tentang apa saja

Wisuda Program Diploma, Sarjana dan Pascasarjana serta Penyambutan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia 2008

andriani-wisuda-11

Wisuda Program Sarjana

Pada hari Jumat (29/08/08) pukul 14.00 WIB, Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr der Soz. Gumilar R Soemantri melepas 3559 wisudawan program sarjana. Terdiri dari 2316 wisudawan program Sarjana Reguler, 1185 wisudawan program Sarjana Ekstensi, dan 58 wisudawan program Sarjana Kelas Internasional dari 12 fakultas. Acara ini diadakan di Balairung Kampus UI Depok. Bersamaan dengan acara ini, rektor UI juga menyambut kehadiran mahasiswa baru 2008 sebagai anggota sivitas akademika UI.

Untuk program sarjana reguler lulusan terbanyak dihasilkan oleh Fakultas Teknik (FT) sebanyak 381 orang. Program sarjana ekstensi menghasilkan lulusan terbanyak dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 361 orang. Dan untuk program sarjana kelas internasional lulusan terbanyak dihasilkan oleh Fakultas Kedokteran sebanyak 41 orang.

Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi untuk program sarjana reguler diraih oleh Bong Novi Herawati dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan IPK 3,93. Sedangkan predikat lulusan termuda diraih oleh Dewi Mayitoh Khairani Lubis dari Fakultas Ekonomi yang pada saat diwisuda berusia 20 tahun dan lulus dengan predikat Cum Laude dengan IPK 3,54. Untuk lulusan program sarjana reguler, jumlah total lulusan Cum Laude adalah 211 orang, dengan rincian sebagai berikut :

No Fakultas Jumlah lulusan Cum Laude Peraih IPK tertinggi IPK
1 Kedokteran 51 Alia Arianti, S.Ked 3,84
2 MIPA 13 Bong Novi Herawati, S.Si 3,93
3 Teknik 38 Jessica Sjah, ST 3,84
4 Hukum 3 Muhammad Aji Satria S, SH 3,74
5 Ekonomi 61 Mulyono, SE 3,90
6 Ilmu Budaya 29 Nila Ayu Utami, S.Hum 3,83
7 Psikologi 15 Ciliana, S.Psi 3,74
8 ISIP 2 Putri Wijayanti, S.Sos 3,69
9 Kesehatan Masyarakat 10 Wahyu Kurnia Yusrin Putra, SKM 3,74
10 Ilmu Komputer 14 Sutanto Sugii Jogi, S.Kom 3,85
11 Ilmu Keperawatan 1 Suci Sari Pratiwi, S.Kep 3,65

Untuk program pendidikan sarjana Ekstensi, seluruh lulusan berpredikat Cum Laude berjumlah 26 orang berasal dari Fakultas Ekonomi, dengan peraih IPK tertinggi yaitu Nur Rahmi Fithriani dengan IPK 3,86. Di program sarjana Kelas Internasional peraih predikat Cum Laude berjumlah 9 orang dengan peraih IPK tertinggi yakni Andriani Putri Bestari Priyanto dari Fakultas Kedokteran dengan IPK 3,86.
“Kami semua berharap wisudawan UI tidak hanya masuk ke lapangan pekerjaan di Indonesia, tetapi juga yang tersebar di seluruh dunia. Sivitas Akademika Uiniversitas Indonesia dan lulusannya diharapkan mampu menjadi bagian dari solusi permasalahan bangsa.” Ungkap Prof. Dr der Soz. Gumilar R Soemantri dalam pidatonya.

Sebuah tradisi wisuda yang dijalankan terus menerus adalah pengucapan janji wisudawan, ucapan terimakasih dari wisudawan kepada dosen, karyawan, dan pimpinan universitas serta penyerahan kendi ilmu. Arti simbolik dari penyerahan kendi ilmu ini adalah kesinambungan antara generasi yang pergi dengan generasi yang datang secara terus-menerus dan sambung-menyambung. Dengan harapan mereka yang telah berhasil studinya dapat memberikan semangat dan ilmu kepada adik-adik mereka agar dapat mengikuti jejak mereka dengan lebih sempurna dan dapat menyelesaikan studinya dalam waktu yang ditentukan. (DRF)

December 5, 2008 - Posted by | Berita

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: